Metode Konstruksi Semi Precast, Lebih Efisienkah ?

Pekerjaan bekisting mempunyai peranan cukup besar pada porsi biaya Proyek Gedung Bertingkat. Jika kita bisa mengefisienkan penggunaan bekisting kita akan bisa menghemat biaya Proyek yang cukup signifikan. Oleh karena itu, dituntut suatu inovasi dalam suatu proyek untuk dapat mengefisienkan Biaya, memaksimalkan Mutu dan Mempercepat Waktu.

Salah satu Inovasi untuk mengefisienkan biaya dan mempercepat waktu adalah membuat Balok dengan sistem Semi Precast. Kenapa saya sebut Semi Precast ? Karena metode ini masih menggunakan Metode Konvensional tetapi dengan menganut konsep Precast. Jadi prinsip dari metode ini adalah Balok dicor insitu tetapi tidak berbarengan dengan pengecoran pelat seperti lazimnya metode konvensional. Balok akan dicor sampai batas bottom pelat, setelah itu baru lanjut konstruksi pelat.

10

Jadi metode ini mengacu seperti metode balok dan pelat precast tetapi bedanya Balok tetap dicor secara insitu kemudian untuk pelat bisa menggunakan metode half slab atau tetap insitu.

11

Apa yang menjadi keuntungan dengan metode seperti ini?

  • Dengan menggunakan metode ini, kita akan irit untuk bekisting tembereng balok, kita bisa langsung melepas bekisting tembereng balok setelah 1 hari pengecoran balok
  • Pekerjaan balok bisa selesai terlebih dahulu tidak tergantung dengan pekerjaan pelat
  • Secara waktu bisa lebih cepat karena pekerjaan balok jadi tidak tergantung pada pekerjaan pelat

Selain metode Semi Precast, Inovasi juga dilakukan pada bahan bekistingnya. Bahan bekisting tidak menggunakan kayu yang relatif cepat rusak dan susah untuk kontrol materialnya. Bekisting kayu diganti dengan menggunakan Hollow sehingga bisa digunakan beberapa kali pemakaian. Tetapi papan masih tetap menggunakan Multiplek atau Phenolpilm, dengan paku diganti baut. Untuk pertama kali memang investasinya agak lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan kayu tetapi secara investasi jangka panjang akan jauh lebih murah.

Bekisting hollow juga dibuat sistem agar bisa menyesusaikan dengan beberapa ukuran tinggi dan panjang balok. Sehingga bekisting bisa digunakan dengan banyak pemakaian dan berbagai ukuran balok.

SISTEM BEKISTING BALOK

SISTEM BEKISTING KEPALA KOLOM

SISTEM BEKISTING PADA PERTEMUAN BALOK

Semoga tulisan yang cukup ringkas ini cukup memberikan inspirasi dan manfaat untuk teman-teman semua,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here