[DOWNLOAD] Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017

Kementerian PUPR (KemenPUPR) telah berhasil membuat Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017 yang merupakan hasil pemutakhiran Peta Gempa Tahun 2010. Dengan diluncurkannya peta ini kita semakin mampu memahami risiko, memperkuat tatakelola, berinvestasi dalam ketahanan, dan meningkatkan kesiapan menghadapi bencana.

Penyusunan pembaharuan Peta Gempa 2017 mengacu konsep Probabilistic Seismic Hazard Analysis (PSHA) dan Deterministic Seismic Hazard Analysis (DSHA) dengan menggunakan semua data dan informasi serta metode terkini untuk wilayah Indonesia.

KemenPUPR bersama para ahli pakar gempa melakukan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa dengan menyiapkan pemutakhiran Peta Gempa setiap lima tahun yang menjadi acuan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan bangunan gempa.

Berdasarkan hasil audiensi dan diskusi teknis tanggal 8 September 2015, MenPUPR dan Tim 9 penyusun Peta Gempa 2010 menyepakati dilakukan pemutakhiran dengan pertimbangan antara lain peta telah berumur > 5 tahun; adanya identifikasi sumber kegempaan yang baru dari sisi geologi, seismologi, dan geodesi; peningkatan keakuratan estimasi parameter penting dalam mengkonstruksi peta gempa; dan pendetailan sumber gempa background, menggunakan persamaan atenuasi gelombang gempa terkini.

KemenPUPR bekerjasama dengan BNPB, BMKG, Badan Geologi, LIPI, BIG, BPPT, ITB, dan UGM membentuk organisasi yang dinamakan PuSGeN (Pusat Studi Gempa Nasional).

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman (Puskim) Balitbang KemenPUPR ditunjuk untuk memfasilitasi kegiatan PuSGeN meliputi koordinasi dan sinkronisasi kegiatan kegempaan, meneliti, mengembangkan, mendiseminasikan, serta mempromosikan ilmu pengetahuan dan teknologi terkait bencana gempa.

Tersusunnya Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia Tahun 2017 akan dilanjutkan dengan revisi SNI yang terkait dengan keamanan dan keselamatan konstruksi bangunan.

DOWNLOAD PETA GEMPA 2017

 

Untuk Download Materi Gempa yang lebih lengkap download disini

>>DOWNLOAD DISINI<<

Pemutakhiran Sumber dan Peta Gempa 2017 oleh Prof Masyur Irsyam 

ANTISIPASI DAMPAK UPDATING PETA GEMPA INDONESIA PADA PERENCANAAN STRUKTUR BANGUNAN DAN RENCANA PEMUTAKHIRAN SNI TERKAIT oleh Prof Iswandi Imran 

Hasil Diskusi Gempa Pidie 7 Desember 2016 oleh Pusat Studi Gempa Bumi Nasional (PusGEN)

LAPORAN KAJIAN DAN SURVEY AWAL PASCA GEMPABUMI TASIK JAWA BARAT oleh Satuan Tugas Survey Awal Bencana Gempa Jawa Barat Pusat Mitigasi Bencana – Institut Teknologi Bandung 

PENYUSUNAN PETA MIKROZONASI GEMPA SKALA KOTA oleh Pusta Studi Gempa Bumi Nasional (PusGEN) 

KONDISI KEGEMPAAN DAN UPDATING SESAR AKTIF INDONESIA oleh Danny Hilman Natawidjaja, Ph.D 

SURVEY TSUNAMI PANTAI BARAT SUMATERA – BENGKULU oleh BADAN METEOROLOGI DAN GEOFISIKA 

Pengaruh Pembaharuan Peta Gempa Indonesia terhadap Level Kinerja Struktur (LRT) oleh Prof. Ir. Priyo Suprobo, MS, PhD

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here