Concrete Canvas, Tinggal Siram Air Langsung Jadi Beton

Teknik pengecoran dengan menggunakan beton adalah cara paling lazim yang digunakan pada saat kontraktor membangun parit, saluran air atau selokan dan gorong-gorong, termasuk juga ketika hendak menutup permukaan tanah yang curam.

Namun, penggunaan beton tidak dapat menjamin saluran itu bertahan lama dan tidak mudah retak. Semen beton tidak tahan cuaca ekstrim, sehingga lekas rusak.

Problem lain, penggunaan beton merepotkan jika lokasi proyek berada di daerah terpencil, yang infrastruktur transportasinya buruk. Sebab beton harus digunakan dalam kondisi liquid (encer). Pengangkutan ke lokasi memerlukan kendaraan-kendaraan khusus, seperti mixer truck. Opsi lainnya adalah membangun mixer plant di lokasi kerja. Kalau infrastruktur transportasi buruk, maka lokasi kerja sulit diakses.

Mencegah terjadinya kerepotan dalam penggunaan beton, kini hadir solusi baru yang dinamakan Concrete Canvas (CC). Tidak seperti beton yang berupa material curah dan harus diangkut dengan truck mixer ke lokasi kerja atau bisa juga dengan langsung membangun mixer plant di site, Concrete Canvas merupakan hasil inovasi baru yang didistribusikan langsung ke site dalam bentuk barang jadi yang aplikasinya sangat simple

Apa itu Concrete Canvas ?

Concrete Canvas merupakan serat kain fleksibel yang diresapi concrete yang mengeras saat disiram dengan air untuk membentuk lapisan concrete tipis yang kuat, kedap air dan tahan api. Concrete Canvas memungkinkan pembuatan concrete tanpa memerlukan penggunaan mixer plant atau alat pencampur concrete beton. Karena sudah dalam bentuk barang jadi (gulungan), Concrete Canvas bisa langsung dibentang, kemudian disiram dengan air. Hanya dalam tempo sekitar dua jam, material ini akan mengeras seperti concrete dan siap difungsikan.

Detail Lapisan Concrete Canvas

Concrete Canvas terdiri dari susunan fiber 3-dimensi yang mengandung satu campuran dry concrete yang diformulasi khusus. Penggunaan PVC (polymer of vinyl chloride) pada salah satu permukaan material itu berfungsi untuk memastikan bahwa Concrete Canvas kedap air.
Dibandingkan dengan solusi-solusi beton tradisional, pemasangan Concrete Canvas lebih cepat, lebih mudah dan lebih hemat biaya serta memberikan manfaat tambahan mengurangi dampak lingkungan dari pekerjaan pembuatan concrete hingga 95%.

Concrete Canvas merupakan produk yang unik dan sangat inovatif karena belum ada produk seperti ini sebelumnya. Dengan menggunakan material-material yang terdiri dari semen, canvas, dry concrete mix, fiber plus beberapa bahan campuran lainnya, produk ini menawarkan banyak manfaat.

Bisa diangkut menggunakan tenaga manusia

Concrete Canvas mudah dimobilisasi, terutama ke remote area, karena sudah dalam bentuk gulungan (rol). Pengangkutannya tidak harus menggunakan kendaraan besar. Sekiranya tidak ada akses untuk kendaraan kecil sekalipun, produk ini bisa digotong beramai-ramai oleh para pekerja.

Concrete Canvas sangat cocok untuk daerah remote yang infrastruktur transportasinya terbatas. Menggunakan produk ini tidak diperlukan mixer plant, mesin pencampur concrete beton atau aplikator-aplikator lain yang khusus. Cara menggunakannya pun tidak rumit. Siapa pun bisa mengerjakannya. Jadi, konsepnya sangat simple

Mudah digunakan

Produk ini dalam bentuk rol (gulungan) yang tinggal dibuka dan dibentang saat hendak digunakan

Cara penggunan Concrete Canvas paling gampang. Produk ini dalam bentuk rol (gulungan) yang tinggal dibuka dan dibentang saat hendak digunakan. Posisi pemasangannya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lapangan. Pada bagian persambungan harus dipasang overlapping sepanjang sekitar 100 mm agar benar-benar rapat.

Setelah terpasang, Concrete Canvas siap diguyur (disiram) dengan air. Air yang digunakan tidak mesti air bersih. Air laut dan bahkan air comberan pun bisa. Hasilnya sama saja. Setelah dua jam, Concrete Canvas sudah setting, mengeras seperti concrete dan siap difungsikan.

Setelah terpasang, tinggal siram dengan air

Aplikasi Concrete Canvas 10 kali lebih cepat dari teknik concrete beton biasa dan hasilnya tidak seperti concrete yang disemprot. Tidak heran Concrete Canvas banyak digunakan untuk slope protection supaya tanah tidak longsor dan menutupi saluran air. Concrete Canvas juga efektif digunakan untuk melapisi concrete beton biasa yang sudah retak atau pecah-pecah. Tinggal dilapisi saja.

Daya tahan concrete canvas bisa sampai 40 tahun, dan hampir tanpa perawatan. “Sepanjang fondasinya kuat, apalagi kalau kering, maka daya tahannya makin lama,”

Concrete Canvas tersedia dalam tiga ketebalan: CC5, CC8 dan CC13, dengan ketebalan berturut-turut 5, 8 dan 13 mm. Produk ini terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan, tahan api, kedap air, fleksibel dan kuat. Meski demikian, kunci keawetannya tergantung pada berbagai faktor. Yang paling utama adalah aplikasi harus tepat dan pemasangannya benar-benar rapat.

Aplikasi dari Concrete Canvas

Concrete Canvas digunakan di berbagai aplikasi infrastruktur sipil, seperti melapisi parit (ditch lining), pelindung tebing (slope protection) dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi seperti ini tersebar di berbagai industri mulai dari konstruksi, perkebunan, pertambangan batubara dan mineral hingga minyak & gas.

Slope Protection

Canvas Concrete semakin banyak digunakan sebagai alternatif untuk shotcrete untuk melindungi lereng dari erosi permukaan yang disebabkan oleh pelapukan, permukaan run-off dan degradasi lingkungan. Pada aplikasi tertentu Kanvas Beton dapat digunakan sebagai stabilisasi lereng struktural dengan menggabungkannya dengan steel mesh dan Soil Nailing. Canvas Concrete menyediakan solusi perlindungan kemiringan yang cepat, mudah dan hemat biaya untuk dipasang

Ditch Lining

Concrete Canvas dengan cepat menjadi bahan pelapis parit pilihan bagi insinyur dan kontraktor di seluruh dunia. Concrete Canvas biasanya 10 kali lebih cepat untuk dipasang daripada solusi beton konvensional, dengan kecepatan pemasangan hingga 200 detik / jam mungkin hanya dengan 3 orang untuk menggelar secara longitudinal. Concrete Canvas menyediakan solusi parit yang cepat, mudah dan hemat biaya untuk dipasang,

Bund Lining


Concrete Canvas dapat digunakan untuk pembungkus tangki petrokimia, depot senjata dan pertahanan banjir. Biasanya kecepatan pemasangan untuk lapisan bundel sekitar 800sqm / hari dengan awak 6 orang.

Remediation

Concrete Canvas dapat digunakan untuk menarik dan memperbaiki struktur beton dengan cepat yang mengalami retak akibat degradasi lingkungan.

Vent Walls

Concrete Canvas dapat digunakan sebagai alternatif kain brattice, plester board atau blok beton untuk membangun struktur dinding ledakan dan ventilasi untuk aplikasi penambangan bawah tanah. Percobaan telah menunjukkan bahwa Concrete Canvas biasanya menyediakan penghematan biaya lebih dari 20% dibandingkan dengan solusi konvensional.

Outfall

Concrete Canvas telah digunakan di seluruh dunia sebagai metode efektif untuk mencegah erosi permukaan dan gerusan yang terkait dengan aliran air dari gorong-gorong, spillways dan over-topping.

Gabion

Concrete Canvas dapat digunakan untuk memperbaiki dinding gabion yang rusak dan tidak stabil dengan cepat untuk memberikan perlindungan jangka panjang. Concrete Canvas juga bisa digunakan untuk meng-upgrade struktur baru dan memberikan solusi tahan lama yang akan berlangsung selama puluhan tahun.

Concrete Canvas Hydro

CC Hydro adalah produk penahanan baru yang revolusioner dari Beton Kanvas Ltd. Ini menggabungkan teknologi kain beton yang diresapi dengan impermeabilitas tinggi, dukungan geomembran yang tahan kimia. Geomembrane menyediakan liner berperforma tinggi dengan sambungan yang dapat diuji untuk aplikasi penahanan yang terjamin kualitasnya. Liner ini menggabungkan strip pengelasan hi-visibilitas yang memungkinkan sambungan menjadi termal terikat dengan saluran udara kembar atau triple track untuk pengujian di tempat. Kain beton impregnasi yang fleksibel, mengeras hidrasi, untuk memberikan perlindungan jangka panjang pada geomembran dari tusukan, abrasi, pelapukan dan degradasi UV. Permukaan beton lapis baja keras ini secara efektif menghilangkan kebutuhan akan penutup atas beton, tanah atau agregat, yang biasanya dibutuhkan dengan sistem liner konvensional. CC Hydro tersedia dalam 2 ketebalan; CCH5 dan CCH8 (5 dan 8mm) untuk berbagai aplikasi penahanan.

Concrete Canvas Shelter

Concrete Canvas Shelter (CCS) adalah tempat penampungan cepat yang dapat dikeraskan dengan cepat yang hanya membutuhkan air dan udara untuk konstruksi.

CCS memiliki dua keunggulan utama dibandingkan Shelter tenda konvensional:
– Operasional: CCS memungkinkan struktur yang mengeras sejak hari pertama operasi. Mereka memberikan perlindungan lingkungan yang jauh lebih baik, keamanan yang meningkat dan kemampuan medis yang jauh lebih baik.
– Ekonomi: CCS memiliki umur desain lebih dari 10 tahun, sedangkan tenda dipakai dengan cepat dan kemudian harus diganti. CCS adalah one stop solution, penghematan usaha dan biaya selama masa operasi medium sampai jangka panjang.

Kunci CCS adalah penggunaan inflation untuk menciptakan permukaan yang dioptimalkan untuk beban tekan. Hal ini memungkinkan struktur beton berdinding tipis terbentuk yang kuat dan ringan.

Metode Pemasangan Concrete Canvas

Sumber : http://www.concretecanvas.com dan http://www.equipmentindonesiamagazine.com

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here